Bisnis Minuman Es Degan


Bisnis Minuman Es Degan

Kelapa muda adalah salah satu minuman alami yang sudah di kenal manusia dari zaman dahulu, selain menyegarkan kelapa muda juga mengandung banyak vitamin, mineral, protein dan banyak lagi.

Pada zaman sekarang air kelapa muda lebih dikenal dengan istilah es degan, dan bisnis penjualan minuman es degan saat ini menjamur di berbagai tempat, mulai dari restoran, mall, kafe dan paling banyak di pinggir jalan raya baik dikampung maupun di kota – kota.

Selain bahan bakunya mudah di dapatkan es degan ini juga digandrungi hampir seluruh masyarakat, tak ayal saat ini banyak penjual es degan yang bermunculan bag jamur di musim hujan. Dan ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan dimasa sulit ekonomi saat ini.

Untungkah berbisnis es degan?

Usaha es degan ini tentulah sangat menguntungkan, dengan menjual Rp. 6.000 sampai Rp. 10.000 per gelas saja, anda berpeluang mendapatkan keuntungan hingga Rp. 5.000.000 per bulan. Bagaimana bisa?

Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan anda dalam berbisnis es degan, anda bisa saja mendapatkan keuntungan lebih banyak lagi dari bisnis es degan atau malah kerugian yang anda peroleh. Berikut kami berikan sedikt ulasan berbisnis es degan.

1.     Bahan baku es degan

Bahan baku es degan tentunya kelapa muda yang mudah kita peroleh di pasar atau langsung ke pengepul, disini anda bisa memperoleh satu butir kelapa muda dengan kisaran harga Rp. 6.000 – Rp. 8.000 per butir. Di samping itu anda juga butuh gula pasir sebagai penambah rasa manis dari es degan dan es batu serta air mineral sebagai pelengkapnya.

2.       Perlengkapan usaha

Perlengkapan usaha es degan tergolong sangat mudah dan sederhana, anda cukup menyiapakan meja 2x2 meter atau lebih guna meletakkan beberapa butir kelapa muda dan beberapa gelas, sendok, sedotan dan plastik pembungkus untuk melayani pembeli, perlu juga toples sebagai wadah air gula, wadah air dan termos untuk menyimpan es batu, sertakan juga golok untuk mebelah kelapa muda.

Tentunya sebagian besar dari perlengkapan usaha itu sudah anda miliki jadi kita tidak perlu membeli lagi dan hanya melengkapi yang belum punya saja. Dan perlu diingat 1 butir kelapa muda dapat dijadikan 2 sampai 4 gelas es degan. Bayangkan jika anda menjual dengan kisaran sebagai berikut.

Estimasi kebutuhan usaha es degan dalam satu bulan

 

Item

Jumlah

Harga

Biaya variabel (30 hari)

Kelapa muda

10 butir

7.000

2.100.000

Gula

2 kg

20.000

600.000

Plastik & Sedotan

1 pak

8.000

240.000

Es Batu

1 Balok

9.000

270.000

Total

3.210.000

 

Estimasi penjualan es degan dalam satu bulan

Dalam penjualan es degan ini dibuat rata – rata penjualan setiap harinya sekitar 40 gelas. Maka pemasukan yang akan anda dapatkan adalah 40 gelas x Rp. 7.000 x 30 hari = Rp 8.400.000.

Estimasi keuntungan es degan dalam satu bulan

Keuntungan atau laba adalah hasil dari pemasukan perbulan dikurangi biaya oprasional perbulannya. Maka akan diperoleh data sebagai berikut.

Laba / Keuntungan = Pemasukan perbulan – Biaya oprasional perbulan

                                 = 8.400.000 – 3.210.000

                                 = 5.190.000

Woooow ternyata bisnis es degan selain menyegarkan ternyata sangat menguntungkan di dukung bahan baku yang mudah di dapat dan peralatan yang cukup sederhan di dukung cuaca sub tropis di indonesia, minuman es degan ini tentunya jadi primadona di masyarakat. Jika hasilnya menjanjikan dan anda terus mengalami peningkatan jangan ragu untuk mengembangkan usaha anda. Selamat Berjualan


Mr.Han_VR Jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan semangat raih masa depan. Urip kudu urup

Belum ada Komentar untuk "Bisnis Minuman Es Degan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel